Search

How Do You Take Aesthetic Pictures?


What Is Aesthetic Photography?

Arti kata estetika secara umum adalah ukuran atau apresiasi terhadap kecantikan.

Di dalam fotografi, Estetika di artikan sebagai visual yang menarik. Foto yang Estetik adalah bentuk sinkronisasi antara subjek foto, komposisi, dan warna. Seperti kecantikan, penilaian tentang estetika tidak ada rumusan pasti. Itu semua tergantung dari selera, pengalaman, dan kemampuan teknis masing-masing individu.


Why Aesthetics Matter?

Foto yang estetik tidak hanya dibuat untuk apresiasi. Apabila kamu mengetahui bagaimana sebuah foto menjadi lebih baik, Kamu bisa memberikan calon klien hasil foto yang impresif.

Ditambah foto yang estetik, kamu akan menarik lebih banyak orang untuk melihat portfolio di berbagai platform sosial media. Hal ini membuka banyak pintu kesempatan dan tawaran pekerjaan.


Are Aesthetics and Style the Same Thing?

Menemukan dan mengembangkan sebuah Style adalah hal yang penting dari perjalanan karir seorang fotografer. Namun style tidak sama dengan Estetik. Style fotografi dan estetika fotografi tidak berjalan seiring. Artinya seorang fotografer bisa saja memiliki style yang kuat namun tidak sepenuhnya estetik. Umumnya style lebih identik dengan cara seorang fotografer memberikan sentuhan personal pada karya-nya, atau biasa di sebut karakter. Hal ini terkait dengan kemampuan teknis, peralatan, dll.


Estetika berjalan sedikit lebih jauh dari itu. Lihatlah galeri kamu dan lihat apakah kamu melihat pola dalam warna, komposisi, subjek, dan sebagainya.


How Do You Take Aesthetic Pictures?

Astetuk bukan hal yang kaku, namun di pengaruhi beberapa faktor. Beberapa di antaranya membuat subjek cantik menjadi stand out, membuat kamu berasakan sesuatu, atau bahkan memberi inspirasi untuk orang lain membuat foto lain yang estetik.


Subjek dan Komposisi

Banyak sekali teknik dan prinsip berbicara tentang subjek dan komposisi. Tentu saja hal ini baik untuk di coba dan dilatih. Cara tergampang adalah pilih teknis dan prinsip yang paling menarik untuk kamu sebagai fotografer, calon klien, atau mungkin audience.


Pernah mendengar mengenai Rule of thirds? Bisa dibilang Rule of third salah satu dasar meningkatkan komposisi. Rule of thirds di buat di antara 2 garis horizontal dan 2 garis vertikal. Garis-garis ini dimunculkan pada kamera sebagai garis petunjuk pada saat mengambil gambar. Posisikan subjek pada titik pertemuan garis horizontal dan vertikal.


Lighting

Apakah cahaya dalam gambar terbatas, soft, harsh, atau perpaduan dari semuanya? Pencahayaan adalah bagian penting dari gambar apa pun. Perhatikan baik-baik pendekatan pencahayaan yang berbeda untuk menghasilkan foto yang estetik.


Warna

Apakah kamu tertarik pada perpaduan warna tertentu? bisa jadi monokrom, cerah, pudar, hangat, dan banyak perpaduan warna lainnya. Warna terkait dengan pilihan props dan background dengan warna dan tekstur yang sesuai. Untuk memperkuat warna, pelajari lah trik dan koreksi warna baik di lightroom atau photoshop.


Be Curious And Introduce Yourself to New Concepts

Bahkan fotografer senior sekalipun bukanlah Dewa. Tidak peduli seberapa berpengalaman kamu, ajukan pertanyaan. Jangan takut untuk menghubungi fotografer favorit dan meminta bantuan. Kamu mungkin mendapatkan pelajaran dan mentor yang berharga bagi diri kamu sendiri.

Kamu juga akan mendapatkan ide yang lebih jelas tentang mengapa orang lain mendekati fotografi dengan cara tertentu. Cobalah mengambil foto sendiri, dan pastikan itu menyenangkan untuk kamu. Mintalah kritik dan saran tentang estetika. Pandangan berbeda dari orang lain mungkin memberikan masukan yang berharga.


Conclusion

Pemahaman tentang Estetika dapat membantu Anda mengambil foto yang berkarakter. Dan kamu akan memiliki pemahaman yang lebih baik tentang dasar-dasar fotografi. Jika kamu melalui proses ini, kamu akan memiliki kesempatan untuk mengembangkan karakter kamu sendiri.


Yang harus kamu miliki adalah rasa penasaran. Perhatikan fotografer yang berbeda dan bereksperimen dengan semua jenis genre. Didepan kamu akan menemukan karakter dan estitika dimana kamu dapat sepenuhnya mengekspresikan diri.

3 views0 comments