Search

6 Pertanyaan ini HARUS dijawab Sebelum Memulai Bisnis Fotografi



Berpikir untuk menjadikan hobi foto jadi profesi? Berikut hal-hal yang kamu pikirkan sebelum membuka jasa fotografi >>


WHAT : Apa jenis fotografi yang ditawarkan?

Kamu bisa menentukan dan membuat jenis jasa fotografi kamu nih motofriends. Banyak sekali jenis jasa fotografi yang ada dipasaran, antara lain : Fotografi untuk food & beverage, fashion, beauty, catalog model atau wedding. Tentu saja bisa melakukan semua-nya menjadikan kamu fotografer yang serba-bisa. Namun menentukan jenis jasa fotografi yang spesifik akan membuat kamu lebih menguasai bidang tersebut. Hal ini mempermudah kamu di kedepannya untuk meng-upgrade ilmu dan melakukan approach kepada klien.


WHEN : Kapan bisnis jasa fotografi ini akan di mulai?

Setiap rencana tentu saja harus memiliki deadline, setelah kamu sudah mempersiapkan berbagai macam kebutuhan jasa fotografi, kamu sudah bisa mulai menentukan kapan tepatnya jasa fotografi ini di mulai. Kamu bisa membuat instagram khusus untuk sekedar soft opening dan juga promosi.


WHERE : Dimana tempat bisnis akan dijalankan?

Untuk membuka jasa fotografi tentunya kamu harus memiliki tempat atau biasanya disebut dengan studio foto. Tempat dimana kamu akan melakukan pekerjaanmu sehari-hari, meletakkan serta menyimpan berbagai macam props yang kamu miliki. Untuk Food Fotografer, restoran klien bisa menjadi alternatif tempat foto, sementara untuk Fotografer fashion mungkin lebih membutuhkan studio foto.


WHY : Kenapa memilih jasa fotografi yang akan di jalankan? Kenapa Klien harus memilih kamu di banding jasa fotografi lain? dll.

Sebelum meyakinkan klien, tentu saja kamu harus meyakinkan diri sendiri. "Kenapa" menjadi pertanyaan yang terbanyak dan harus terjawab. Kamu harus bisa meyakinkan diri sendiri atas jasa fotografi pilihan kamu, untuk menjawab pertanyaan "Kenapa" di perlukan aksi nyata, teori hanya menjadi alasan. Untuk lebih meyakinkan diri sendiri dan klien, mulailah dengan aksi nyata semisal mengumpulkan portofolio.


WHO : Siapa target klien jasa fotografi kamu?

Kamu harus bisa menentukan siapa target dari jasa fotografi kamu nih, misalnya kamu membuka jasa fotografi untuk UMKM maka harga jasa yang di tawarkan pun tidak bisa terlalu tinggi. Berbeda apabila perusahaan menengah yang menjadi target, harga jasa yang terlalu murah malah membuat klien ragu atas kualitas hasil jasa fotografi kamu.


HOW : Bagaimana cara menjalankan bisnis fotografi?

Untuk memulai bisnis fotografi memang membutuhkan effort apalagi jika kamu ingin serius di bidang ini. Beberapa hal yang bisa kamu lakukan adalah:

  • Belajar fotografi terlebih dahulu

  • Siapkan dan kumpulkan semua portofolio yang kamu miliki

  • Membeli kamera, peralatan dan props yang lebih memadai

  • Promosikan karyamu di berbagai sosial media

  • Aktif menjalin relasi baik dengan teman, agency, target klien, dan komunitas

Jadi bagaimana Motofriends? sudah siap menchallenge diri menjadikan hobi sebagai profesi? Tidak ada usaha yang sia-sia sepanjang konsisten berjalan di jalan yang benar.

9 views0 comments

Recent Posts

See All